Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan Mudah, Lancar Kembali Anti Ribet

By | November 24, 2022

Saat kinerja laptop yang lambat dan mulai lemot akan cukup mengganggu penggunaan laptop, apalagi untuk keperluan yang penting dan sangat mendesak. Tentunya masalah seperti ini sangat menjengkelkan dan menghambat kegiatan saat menggunakan laptop.

Yang serba digital dan berkembangnya teknolohi yang saat ini hampir seluruh kegiatan belajar hingga pekerjaan sangat membutuhkan penggunaan laptop untuk mempermudah kegiatan tersebut. Saat laptop yang kamu gunakan mulai lemot, jangan terburu-buru untuk menggantinya dengan laptop baru atau pergi ke tempat servis. Karena masih ada beberapa cara mengatasi laptop lemot yang mungkin saja akan membantu dan bisa kamu lakukan sendiri di rumah.

Biadanya penyebab Laptop lemot terdapat oleh beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja laptop melambat dan kurang optimal. Nah berikut ini simak terlebih dahulu kemungkinan-kemungkinan penyebab dari laptop yang mulai lemot. Bisa saja salah satu penyebab laptop lemot yang disebutkan di bawah ini ditemukan pada laptop yang kamu miliki.

Kinerja laptop terlalu berat yang di sebabkan oleh banyaknya aplikasi berjalan, itu kemungkinan mempengaruhi kenierja laptop kamu menjadi lambat. Terkena virus pun bisa mempengaruhi kinerja laptop. Namun bagi kamu yang mengalami laptopnya seperti masalah yang tengah di bahas. Kamu perlu simak baik-baik cara untuk mengatasi nya agar laptop kamu kembali lancar dan normal.

Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan Mudah

Penggunaan yang melewati batas maksimum bisa menyebabkan laptop ngelag atau freeze saat di gunakan. Perhatikan cara-cara yang akan dibahas di bawah ini untuk mengembalikan kinerja laptop kamu yang sudah lemot dengan cara yang cukup praktis.

1. Gunakan Antivirus

Nah alasan yang paling sering ditemui dan menjadi penyebab umum saat laptop menjadi lemot adalah karena terserang virus atau malware. Untuk mencegah penurunan performa laptop itu sendiri kamu usahakan untuk memasang antivirus terbaik untuk menghindari serangan dari segala macam virus.

Pastikan juga kamu selalu mengeceknya secara rutin dan melakukan update pada antivirus tersebut. Hal ini dilakukan agar antivirus dapat terus membaca berbagai macam virus yang ingin menyerang laptop kamu, agar laptop kamu tetap normal.

2. Bersihkan Desktop dan Aplikasi Saat Startup

Saat kamu menyimpan banyak aplikasi di desktop bisa menyebabkan laptop menjadi lemot. Jika spesifikasi laptop mendukung, maka hal ini tidak akan menjadi masalah besar yang mempengaruhi kinerja laptop yang kamu gunakan. Namun, karena adanya penyimpanan yanv terlalu banyak aplikasi pada desktop akan menyebabkan laptop lama dalam merespon perintah user.

3. Gunakan Cooling Pad

Suhu laptop yang panas dapat membuat kinerja laptop menjadi lebih lambat dan tidak bisa optimal. Maka kamu bisa menggunakan perangkat cooling pad sebagai kipas tambahan yang bisa menjaga suhu laptop agar tidak terlalu panas dan laptop bisa tetap stabil. Hal ini juga merupakan tips yang bisa merawat laptop kamu tetap awet.

Kamu juga bisa menggunakan vacuum cooler yang dapat menyedot keluar udara panas di dalam laptop yang kamu miliki. Keduanya akan sangat membantu untuk menjaga suhu laptop pada saat digunakan melakukan berbagai kegiatan.

4. Bersihkan Drive C

Saat laptop sudah berusia tua atau kamu cukup lama menggunakannya. Biasanya di atas 3 tahun, kinerjanya juga pasti akan ikut menurun dan akan sedikit memiliki masalah komponrn. Salah satu solusi yang bisa dilakukan saat laptop lemot adalah dengan rutin membersihkan Drive C pada bagian aplikasi.

Kamu bisa mengecek dan memilih aplikasi-aplikasi yang memberatkan laptop atau aplikasi yang sudah tidak digunakan untuk uninstall. Dengan melakukan uninstal agar bisa meningkatkan kinerja laptop kamu kembali lancar.

Akhir Kata

Demikian pembahasan yang dapat admin sampaikan terkait informasi di atas, semoga ulasan tersebut dapat bermanfaat untuk kalian semua. Sekian dan terimakasih telah berkunjung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *